Kamar mandi menjadi salah satu perhatian, bagaimana membuat design kamar mandi menjadi tampak bersih, rapih dan menarik. Seperti di ketahui bahwa kamar mandi merupakan area basah sehingga resiko ruangan lembab menjadi lebih tinggi, oleh karena itu pemilihan keramik harus di lakukan dengan tepat.

Keramik menjadi pilihan yang paling tepat untuk area kamar mandi, di mana keramik memliki banyak ragam dan corak, sehingga akan memudah kan kita untuk menyesuaikan dengan interior kamar mandi yang sudah ada atau ingin anda gunakan. Keramik juga memiliki tingkat ketahanan terhadap rembesan air serta menjaga kelembaban area kamar mandi. Berikut ini adalah saran untuk pemilihan motif keramik untuk kamar mandi :

Tentukan tema untuk kamar mandi.

Siapkan tema yang akan di usung untuk kamar mandi yang di harapkan, karena keramik menyediakan banyak macam nya, tema alam, modern, minimalis atau premium. Dengan di awali dengan ide yang menarik tentunya anda akan bisa membuat kamar mandi sesuai dengan harapan.

Sesuaikan anggaran dengan kebutuhan.

Dengan beragamnya motif keramik tentunya beragam pula harganya, sehingga membuat anda harus lebih teliti di dalam pemilihan keramik. Pastikan keramik yang di harapkan sesuai dengan budget dan kebutuhan untuk kamar mandi yang akan anda usung. Pilihlah keramik dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Sesuaikan keramik dengan jenis kamar mandi.

Keramik memiliki 4 jenis lapisan yang paling umum yakni, satin, Glossy (Mengkilat), bertekstur dan matte, ke empat jenis ini memiliki 2 tekstur yaitu bertekstur licin dan kasar. Untuk lantai kamar mandi baiknya gunakan yang bertekstur kasar sehingga aman saat di injak, khususnya jika di gunakan oleh anak-anak atau Lansia. Selain itu tekstur keramik yang kasar lebih memudahkan anda untuk mebersihkan lumut serta jamur yang sering ada di area basah.

Pemilihan warna keramik.

Sesuaikan corak dan juga warna keramik dengan tema kamar mandi yang telah anda usung. Untuk warna, gunakanlah warna keramik yang cerah di karenakan kamar mandi merupakan area basah, sebab jika menggunakan warna yang gelap akan meninggalkan kerak serta noda berwarna putih atau abu-abu pada saat keramik anda mengering. Jika tetap ingin menggunakan warna gelap sarannya adalah warna hitam, coklat dan juga merah. Untuk keramik di dinding kombinasikan dengan dua warna, warna yang bawah gunakan warna gelap, untuk atas gunakan warna cerah.

Sesuaikan ukuran kamar mandi dengan ukuran keramik.

Agar keramik anda serasi dengan ruangan kamar mandi, lebih baik anda mengukur dulu ukuran lantai kamar mandi dan sesuaikan dengan ukuran keramik yang akan di gunakan, sehingga tampilan keramik yang terpasang nantinya akan terlihat lebih manis dan simetris dengan ruangan kamar mandi.

Demikiannlah saran untuk pemilihan motif dan warna untuk kamar mandi, pastikan semua yang di pilih sudah sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan ide anda, terima kasih.