Memiliki rumah yang aman dan nyaman adalah impian semua orang. Selain faktor tersebut, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah adalah harga dari rumah tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, munculah inovasi baru membuat rumah minimalis yang aman, nyaman, dan lebih terjangkau. Rumah minimalis saat ini memang sudah menjadi pilihan favorit sebagai tempat menginap bagi banyak orang. Rumah minimalis yang memiliki konsep pengaturan perabot sekarang ini memang telah menjadi tren dan gaya hidup manusia modern. Dengan terbatasnya lahan manusia memang dituntut untuk bisa memaksimalkan ruang yang ada.Maka dengan hadirnya rumah minimalis yang inspirasinya diperoleh dari gaya hidup Zen ini maka Anda sekarang dapat memiliki tempat tinggal yang nyaman dan tenang hanya dengan lahan terbatas.



Nah bagi Anda yang memang ingin rumah minimalis maka Anda harus mencari tahu tentang biaya dalam pembangunannya. Dalam penghitungan biaya pembangunan ini, sebagian besar orang mendapati kesulitan dan kesulitan. Pasalnya biaya untuk membangun rumah minimalis ini tergolong susah diprediksi. Perlu ketelitian dan kecermatan bagi orang yang mau membangun rumah minimalis ini. Lalu seperti apakah penghitungan biaya pembangunan rumah minimalis tersebut sebenarnya? Berikut ulasannya.

Persiapan Membangun Rumah Minimalis

Untuk langkah awal dalam pembangunan rumah minimalis ini Anda harus melakukan persiapan. Persiapan disini digunakan untuk membuat rencana Anda dalam membangun rumah minimalis berjalan dengan mulus dan sukses.Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda siapkan tersebut:

1. Menetapkan Rumah Minimalis yang Akan Dibangun

Hal pertama untuk Anda siapkan dalam pembangunan rumah minimalis adalah temukan dan buat tipe rumah yang akan Anda bangun. Rumah minimalis memang memiliki beberapa jenis yang setiap kali memiliki biaya yang berbeda dalam pembangunannya. Selain jika Anda juga memiliki beberapa faktor untuk mendukung dalam pembangunan rumah seperti yang diperlukan desain rumah yang kerap berubah, harga bahan bangunan yang semakin mahal, atau membeli pekerjaan pembangunan yang menggunakan tarif layanan borongan atau harian.

2. Menghitung Satu Persatu Kebutuhan Rumah Minimalis Anda

Untuk menerima biaya perbaikan maka Anda memang diharuskan melakukan perhitungan satu persatu dari kebutuhan rumah minimalis Anda. Sayangnya di lapangan, masih banyak dijumpai, kasus orang yang beranggapan biaya pembuatan rumah bisa ditentukan langsung. Misalnya jika luas bangunan 100 meter persegi dan harga jasa pengerjaan 4 juta per meter persegi maka total biaya adalah sebesar 400 juta. Sementara itu untuk menentukan biaya pembangunan rumah minimalis yang sesederhana yang dibayangkan. Maka lebih dari itu, jika Anda ingin mengetahui detail biaya pembangunan rumah minimalis maka Anda tidak perlu mengalkulasi jumlah kebutuhan dan ruangan besar yang dibuat.Hal-hal seperti spesifikasi bahan bangunan atau bahan yang digunakan, spesifikasi dan perlengkapan rumah yang digunakan dan lainnya.

3. Siapkan Dana dan Mulailah Membangun

Setelah Anda menentukan dan menghitung rumah minimalis yang ingin Anda bangun dan menghitung kebutuhan rumah minimalis per unit (unit), maka langkah terakhir adalah mengumpulkan dana dan mulai membangun. Ingat Anda juga perlu menyediakan dana lebih dari perkiraan awal, ini karena estimasi pembangunan rumah bisa jadi akan melampaui estimasi yang ada.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sistem Analisis Harga Satuan

Urutan perhitungan biaya rumah minimalis per unit adalah sebagai berikut:

  1. Membuat gambar rumah yang akan dibangun.
  2. Membuat spesifikasi bahan atau rencana kerja dan persyaratan bangunan.
  3. Membuat detail pekerjaan yang akan dilakukan.
  4. Menghitung volume masing - masing item pekerjaan.
  5. Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
  6. Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
  7. Mengkalikan volume dengan menganalisis harga satuan.
  8. Membuat jumlah harga secara keseluruhan.
  9. Dengan nilai PPN 10% dan nilai borongan yang akan diberikan kepada kontraktor.